Jokowi Siang Ini Akan Resmikan Tol Akses Tanjung Priok

Jokowi Siang Ini Akan Resmikan Tol Akses Tanjung Priok

RumahNKRI – Presiden Joko Widodo akan meresmikan Tol Akses Tanjung Priok sepanjang 11,4 kilometer, pada siang ini. Tol yang dirancang menampung beban kendaraan seberat 45 ton ini menelan investasi Rp5 triliun, dengan rincian sebesar Rp4 triliun untuk konstruks dan Rp1 triliun pembebasan lahan. Dana investasi itu berasal dari pinjaman Japan International Cooperation Agency, atau JICA.

Berdasarkan informasi yang diterima, Presiden Jokowi tepatnya dijadwalkan meresmikan jalan bebas hambatan menuju pelabuhan terbesar di Indonesia ini pada pukul 14.00 WIB, Sabtu siang, 14 April 2017.

Pada 9 April 2017 lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menjajal jalan tol ini dengan bersepeda santai bersama dengan pegawai kementerian.

Basuki mengatakan, tol ini sebetulnya sudah dibicarakan sejak tahun 2000. Namun, setelah berbagai macam pembahasan hingga desain proyek, barulah pada 2008 proyek ini dimulai.

Proses pembangunannya pun tak berjalan mulus begitu saja. proyek ini disebut sempat terkendala, lantaran pembangunan tiang pancang yang tidak sesuai dengan spesifikasinya. Sehingga, sebanyak 69 tiang pancang yang telah dibangun kembali dibongkar.

Setelah selesai kini, diharapkan, jalan tol layang ini mampu menampung truk-truk yang memiliki beban maksimal hingga 45 ton, atau masuk kategori Heavy Load Truck.

Sebagai informasi, kontraktor pelaksana pembangunan proyek ini terdiri dari Kerja Sama Operasi (KSO) kontraktor Jepang dan Indonesia. Di antaranya, Obayashi Corporation, Kajima Corporation, PT Waskita Karya Tbk, dan PT Wijaya Karya Tbk.

Sumber : viva.co.id

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*